Judul di atas mewakili apa yang sedang menjadi topik hangat saat ini. Bagi yang belum mengerti, sesuai bahasa Saya sendiri DESKTOP BASED adalah aplikasi berbasis desktop yang berjalan di satu atau beberapa komputer (terhubung dalam satu jaringan) secara independen dan tidak memerlukan browser. Sedangkan pengertian WEB BASED adalah aplikasi yang dibuat berbasis web yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya.

Sekarang ini, di dunia persilatan IT, aplikasi web telah menjadi primadona di kalangan programmer, banyak sekali pesanan-pesanan pembuatan Sistem Informasi yang platformnya berbasis web. Mungkin saja hal ini berkaitan dengan begitu pesatnya kemajuan internet di Dunia. Saat ini internet tidak hanya dapat diakses melalui PC saja, Smart phone dengan harga murah pun telah bisa menjangkaunya. Jadi tidak salah, kemajuan internet saat ini turut mengangkat citra aplikasi web based di kalangan programmer.

Pertanyaannya siapakah yang lebih unggul? Bukan berarti karena alasan di atas, Saya kemudian memilih web sebagai yang paling baik daripada desktop. Tidak serta merta pula saya akan mengusulkan semua aplikasi desktop diganti saja menjadi web based, karena sebenarnya masing-masing punya keunggulan dan kelemahan.

Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah bahwa untuk menjalankan aplikasi desktop kita harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya pada komputer Client. Sedangkan, kalau aplikasi web kita cukup membuka browser (IE, Opera, Mozilla, Google chrome), kemudian menuju alamat dari web server, dan otomatis kita telah mendapatkan interfacenya (antar muka).

Untuk lebih lengkap tentang perbedaan keduanya, berikut ini saya paparkan beberapa keunggulan dan kelemahan pada Desktop Based atau Web Based yang Saya peroleh dari beberapa sumber.

Untuk lebih lengkap tentang perbedaan keduanya, berikut ini saya paparkan beberapa keunggulan dan kelemahan pada Desktop Based atau Web Based yang Saya peroleh dari beberapa sumber.

1. Kemudahan Akses

WEB diakses menggunakan browser, dimana semua Sistem Operasi seperti Windows, Linux maupun Mac pasti memiliki browser. Pengguna yang memiliki mobilitas yang tinggi cukup menggunakan Handphone untuk mengakses WEB. Ini yang tidak bisa dilakukan oleh desktop Based, karena kita harus install terlebih dahulu aplikasi di sisi Client.

2. Kemudahan Maintenance / Perawatan

Semakin besar program yang dijalankan pada DESKTOP makan komputer membutuhkan instalasi dan upgrade, sementara WEB tidak membutuhkan upgrade pada komputer. Otomatis biaya perawatan aplikasi WEB menjadi lebih ringan.

3. Kebutuhan Perangkat Keras lebih rendah

Spesifikasi kebutuhan Hardware untuk web based sangat rendah untuk Client. Karena semua proses bergantung pada WEB Server, maka dapat dikatakan beban pada Client hampir tidak ada.

Keunggulan Desktop Based :

1. Kecepatan dan Stabilitas Koneksi

Aplikasi WEB sangat bergantung pada koneksi, apalagi bila ada masalah-masalah koneksi, misalnya “Denial of Service”, “Bandwith Limit Exceeded”, dll. Sementara Desktop yang dibangun pada server mandiri tentu hanya melibatkan koneksi online saat kebutuhan sinkronisasi data.

2. Keamanan Data

Karenna data yang tidak bisa diakses dari dunia luar maka Aplikasi Dekstop lebih aman dari pembajakan, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam keamanan aplikasi Desktop yaitu VIRUS yang menyerang komputer.